Proses Belajar Kurang Maksimal, Apa Solusinya?

Bagi mahasiswa baru, kegiatan perkuliahan Tahun Ajaran 2012 sudah bergulir sekitar 3 bulan lamanya. Banyak kesan yang didapat mahasiswa baru dalam perkenalannya dengan kampus Unla. Ya, selentingan komentar tentang sarana dan prasarana bukanlah hal yang baru di telinga kami, Pers Mahasiswa. Merupakan cerita lama ketika mahasiswa Unla berkicau tentang plus minusnya kampus ini. Ruangan yang gak ber-AC lah, kantin yang kurang luas lah, apalagi lahan parkirnya. Semua itu seolah tidak pernah tercari jawabannya.

Disamping itu semua, kegiatan belajar mengajar dosen-mahasiswa-aseisten dosen merupakan hal yang patut diberi sorotan penuh.  Bagaimana tidak, dalam sekilas mata dapat kita jumpai bagaimana proses kegiatan belajar mengajar di kampus ini. Apakah ada sesuatu yang salah, ketika jam perkuliahan berlangsung, kita menemui banyak mahasiswa yang bertengger di koridor kampus sembari menikmati cemilan? Ketika ditanya pun mereka hanya menjawab “ah, keun we lah kuliah mah. Nitip absen weh “. Atau ini “males kuliah ah, soalnya dosennya bikin ngantuk”. Ada apa ini? Adakah sesuatu yang salah di Unla ini?

Kegiatan belajar mengajar merupakan poros utama dalam perkuliahan. Untuk terciptanya kegiatan belajar mengajar yang baik, tidak hanya diperlukan peran aktif mahasiswa dan perangkat pendukung lainnya, baik itu dosen, bahan ajar ataupun alat peraga lainnya. Namun juga diperlukan semangat juang yang tinggi untuk ‘benar-benar kuliah’. Jangan jadikan kuliah sebagai alibi untuk meminta uang bekal, ataupun sekadar mengisi waktu luang. Ingatlah, banyak teman-teman di luar sana yang tidak seberuntung kita. Bersyukurlah, kawan.

Ingatlah, tiada sesuatu yang sempurna di dunia ini. Jikalau ini terjadi dalam proses belajar, misalnya dosen tidak piawai dalam menyampaikan materi, janganlah berputus asa. Manfaatkanlah sarana yang ada. Mengunjungi perpustakaan untuk menambah referesnsi misalnya, ataupun searching di internet. Tidaklah sulit, bukan? Buatlah keadaan kelas senyaman mungkin demi menunjangnya proses belajar yang kita jalani. Janganlah menyerah dalam menggapai cita-citamu.

Selamat meniti jembatan ilmu di kampus Unla 🙂

 

Oleh : Rahma. Zahra. A/ amazahraa (FKIP)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s