MARI MULAI DARI HAL YANG KECIL

Gerakan tanam seribu pohon yang dicanangkan pemerintah beberapa waktu yang lalu tampaknya masih merupakan hal yang sulit untuk direalisasikan. Kesadaran masyarakat yang minim terhadap lingkungan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap suksesnya program ini. Bukannya melakukan penanaman pohon, yang ada justru penebangan dan pembakaran hutan untuk dialih fungsikan menjadi lahan pertanian. Hal ini tentu menjadi masalah karena mengurangi lahan hijau dinegara kita.

Untuk membuat sesuatu menjadi besar, dibutuhkan hal yang kecil. Pepatah tersebut nampaknya benar, karena kita tidak mungkin bisa melakukan hal yang besar tanpa diawali dari hal yang kecil. Begitupun dengan program penghijaun yang diharapkan pemerintah dengan cara menanam sejuta pohon. Kalau belum bisa menanam sejuta pohon, kenapa kita tidak mulai saja dengan satu pohon ?
Satu pohon tentunya akan lebih baik dari pada tidak sama sekali. Tak perlu jauh-jauh, cukup dimulai dari rumah kita sendiri dan kita bisa membuat perubahan yang besar. Pohon yang kita tanam dirumah kita, sekecil apapun pasti akan memberi manfaat yang besar. Selain mempercantik halaman rumah, pohon tersebut juga bisa membuat rumah kita tampak lebih hijau dan sejuk. Tidak ada lahan dirumah yang bisa ditanami pohon ? gunakan saja pot yang bisa kita simpan dimana saja disetiap sudut rumah kita. Intinya, kalau niat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik sudah kita miliki, hal sekecil apapun pasti akan terasa besar dan bermanfaat.

Oleh : Ratna Suhesti (Ilmu Komunikasi’12)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s