Sistem Operasi (OS) “Android”

OS

OS

Android adalah sistem operasi untuk perangkat komunikasi seluler yang dikembangkan dengan basis Linux dari kernel linux v2.6 . Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk membangun aplikasi mereka sendiri yang kemudian dapat digunakan pada berbagai macam piranti bergerak (mobile). 

Selain mempunyai keunggulan untuk di kembangkan oleh para pengambang android juga masih mempunyai kelemahan yaitu Android tidak memperbolehkan aplikasi diinstal melalui memory card, Android tidak memakai Java standar yang sudah berkembang, contohnya seperti Java SE and ME, ini membuat kesesuaian antara aplikasi yang ditulis menggunakan Java dengan aplikasi platform Android menjadi tidak kompatibel,

Sistem Operasi Android sendiri memilki dua versi yaitu Android dengan GMS (Google Mobile Services) dan Android OHD (Open Handset Distribution).

Android dengan Google Mobile Services (GMS) dilengkapi dengan tempat dimana user bisa mengupload atau bahkan membeli aplikasi-aplikasi untuk ponselnya (android market) dan didukung sepenuhnya oleh google yang artinya dalam ponsel tersebut dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang tersinkronisasi langsung dengan Google Account kita. Beberapa contoh aplikasi tersebut antara lain, Gmail, Google Contact, Google Calendar dan Youtube.

Sedangkan Android dengan Open Handset Distribution (OHD) merupakan OS Android yang sangat dasar, tanpa ada support dari Google sama sekali dan tidak memiliki android marketm (Sumber : http://infoapaaja.blogspot.com/2010/09/teknologi-android.html)

Oleh : Ega Prasetyo (IF’10)

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s