Peranan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terhadap Dunia Islam

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) telah menjadi bagian terpenting dalam hidup manusia di zaman serba modern seperti sekarang ini. Tak terkecuali dalam Agama Islam. Iptek tanpa kita sadari mulai berpengaruh dalam kemajuan agama Islam di muka bumi ini. Dengan segala kecanggihannya, iptek mampu membantu kita mendapatkan informasi atau menyebarkan informasi dari berbagai sumber yang tidak bisa kita dapatkan secara langsung.

Internet menjadi salah satu contoh dari kemajuan iptek yang sudah kita kenal dan sering kita gunakan. Internet dapat membantu segala kegiatan yang tidak bisa kita lakukan di dunia nyata. Dalam dunia islam iptek dapat memberi dampak yang positif dan juga negatif. Namun apabila kita bijak dalam menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi, dampak yang amat sangat positif yang akan kita dapatkan. Berikut adalah beberapa peranan iptek dalam kemajuan islam di dunia.

1. Youtube
Mungkin para pengguna internet sudah familiar dengan situs berikut : http://www.youtube.com. Youtube adalah sebuah situs web video sharing paling populer saat ini. Para pengguna dapat mengirim, melihat dan berbagi klip video secara gratis. Saat ini diperkirakan 20 jam durasi video diunggah ke youtube setiap menitnya dengan 6 milliar viewer per hari. Dari sekian banyak video yang diunggah ke youtube, terdapat beberapa video dakwah islami dari seluruh penjuru dunia. Dalam hal ini, bagi kita yang tidak mempunyai waktu untuk mendengarkan dakwah di mesjid, kita bisa mendengarkannya lewat situs youtube ini. Bahkan video dakwah yang akan kita temui di youtube ini, tidak hanya berasal dari negeri sendiri. Kita bisa melihat video-video dakwah dari seluruh penjuru dunia. Kita pun bisa saja mengunggah video dakwah ke situs youtube ini. Sehingga memungkinkan terjadinya kontak sosial

2. Situs Jejaring Sosial
Siapa yang tidak tahu http://www.facebook.com di zaman sekarang ini? Facebook saat ini sudah menjamur di seluruh kalangan masyarakat. Mulai dari yang tua, remaja, anak-anak, kaya, miskin semua memiliki akun facebook. Bila kita benar-benar bijak dalam menggunakan facebook, kita akan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang positif. Facebook dapat membantu kita bersilaturahim dengan sesama umat muslim, saling bertegur sapa, dan memberitahu atau mengetahui tentang keadaan orang yang kita kenal tanpa bertatap muka langsung. Adapaun situs jejaring sosial lainnya yakni http://www.salingsapa.com. Sepintas, situs ini memang mirip dengan facebook. Secara umum, salingsapa.com ini juga memiliki fitur layaknya facebook. Hanya saja salingsapa.com mempunyai kelebihanfeature-feature islami, seperti belajar dan membaca Al-Quran serta ada juga pesan-pesan islami dari ustadz terkenal. Sangat menarik bukan? Apalagi salingsapa.com adalah situs jejaring sosial buatan anak SMP di Indonesia

Sebenarnya masih banyak lagi peranan Dunia Iptek dalam Dunia Islam. Sebagai contoh, banyaknya situs yang menyediakan Al-Quran online seperti contoh : http://www.alquran-indonesia.com , software penghitung waris,dll. Sehingga saat ini dunia iptek tidak bisa dipisahkan dari dunia islami. Karena keduanya saling berhubungan dan harung saling melengkapi. Iptek akan berdampak positif bila di imbangi dengan agama. (Sumber : Majalah Percikan Iman)

Oleh : Samsul Ramdan (IF’11)

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements

7 comments on “Peranan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terhadap Dunia Islam

  1. Gejolak penggulingan kekuasaan di beberapa negara Timur – Tengah menjadi issue hangat di awal Tahun 2011 ini. Gerakan politik, massa yang sadar serta dukungan militer mampu menghadirkan revolusi panas seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir.

    Sesungguhnya People Power adalah senjata yang sangat besar dan hal itu akan semakin besar lagi jika didukung jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll. Makar di beberapa negara Timur – Tengah adalah sebuah cerminan hebatnya People Power sehingga dalam proses makar, Pemerintah yang ketakutan sempat memblokir facebook dan twitter.

    Good Job… Tulisannya bagus cuma ke depan usahakan untuk lebih mendetail dan menyoroti issu-issu yang sedang berkembang. Keep writting ya! 😉

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s